Menuju Zona Integritas Kanwil BPN Jambi Minta MAPI Ikut Mengawasi
Jambi, MHI – Semangat Kantor Wilayah ATR/BPN Jambi, untuk meningkatkan pelayanan publik yang baik terus berlanjut. Tuntutan reformasi birokrasi dan peningkatan pelayanan publik yang baik dan berintegritas adalah sebuah keniscayaan saat ini.
“Perubahan mindset, dan paradigma pelayan publik saat ini harus berubah. Karena dengan era medsos kita akan sangat cepat viral ketika ada masalah pelayanan,” Tegas Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi, Wartomo, dalam Acara Peningkatan Kapasitas SDM dalam Rangka Mewujudkan Zona Integritas di wilayah Jambi, Senin (26/09/2022), di Swiss-Bellhotel, Jambi.
Lebih lanjut Kakanwil juga mengatakan, saat ini, jajaran Kanwil BPN Provinsi Jambi berkomitmen untuk menyelesaikan konflik pertanahan. “Di Jambi kita lakukan koordinasi, sinergitas dengan seluruh stakeholders, kita proaktif di dalam rapat koordinasi, kajian analisa di pemerintah provinsi termasuk di lembaga penegak hukum dalam rangka menangani dan menyelesaikan konflik di jambi ini,” ucapnya.
Acara yang menghadirkan Narasumber Dewan Pembina MAPI Saber Pungli , Letkol CPM (P) Endang Agustian SH, MH , dan Dhani Sudirman, Dewan Pengawas Masyarakat Anti Pungli Indonesia Pusat (MAPI), itu juga dihadiri oleh seluruh jajaran pejabat Kanwil dan Kepala Kantor Pertanahan BPN se-Jambi, IPPAT dan Regional MAPI Jambi.
Dalam Pemaparannya Endang Agustian mengingatkan pentingnya komitmen pimpinan untuk membangun sebuah tim kerja yang solid dan memiliki tujuan yang sama. “Pimpinan harus menjadi role model, karena dengan keteladanan pimpinan, seluruh staf dan jajaran pasti akan terbawa baik. Menuju zona Integritas dan WBK (Wilayah Bebas Korupsi) adalah hadiah dari kinerja kita yang inovatif, kreatif dan melayani. Jadi kalau tujuannya adalah untuk memenangkan predikat WBK itu salah, karena biasanya setelah dapat WBK, pelayanan akan kembali jelek seperti semula,” terang pria yang juga pernah aktif sebagai Sekretaris Pencegahan Satgas Saberpungli Pusat itu.
Sementara Dhani Sudirman, menyampaikan dalam paparannya, bahwa enam area perubahan untuk menuju zona Integritas bagi jajaran Kanwil BPN Jambi, adalah hal yg sudah lama dilakukan oleh kantor-kantor pelayanan swasta. Selain komitmen pimpinan, inovasi peningkatan pelayanan, SDM yg baik, penataan keorganisasian, akuntabel, dan monev.
“Jika kita datang ke bank dan kantor pelayanan swasta ingin pelayanan yg baik, dan bebas pungli, maka begitupun seluruh masyarakat yang datang ke kantor BPN menginginkan hal yang sama. Maka momentum hari ini harus menjadi dasar mari bersama-sama kita melakukan perubahan yang signifikan di kantor kita untuk diwariskan kepada generasi masa depan bangsa,” ulas pria yang juga menjabat Dewan Pengawas MAPI Pusat itu. (*)