Sinergitas MAPI SABERPUNGLI ATR/BPN Kab. Cirebon, Komitmen Bersama Tingkatkan Kinerja
Cirebon, MHI,- Dalam rangka membangun komitmen bersama membangun bangsa dalam hal pelayanan publik, Masyarakat Anti Pungli Indonesia, (MAPI SABERPUNGLI), bersama Kantah ATR/BPN Kab. Cirebon, membangun Diskusi dan Audiensi Peningkatan pelayanan publik, Senin, (8/08/2022).
Hadir dalam acara tersebut, Kepala Kantor ATR/BPN Kab. Cirebon, Teddi Guspriadi, S.SIT beserta staf dan jajaran, Kasi I Sutrisno, Kasi V Mufti. Sementara dari MAPI, hadir Dewan Pembina Letkol CPM (P) Endang Agustian SH, MH, Dhani Sudirman SE, MM, Dewan Pengawas MAPI Saber Pungli, Wakil Ketua I Rizki Jojo Akbar, Bendahara Nur Chasanah, SH, Wakil Bendahara Verra, serta Ayu Wulandari, Kareg Ciayumajakuning, Jabar.
Dalam diskusinya Endang Agustian, menyampaikan komitmennya untuk bersama mendukung terselenggaranya, peningkatan Kantor Pertanahan yang lebih baik untuk masyarakat.
“Ini adalah komitmen bersama untuk menuju Kantah BPN yang lebih baik dan melayani, kami tidak pernah bosan mengingatkan para pemangku kepentingan, karena kami merasa terpanggil, dan menjadi suatu kebanggaan jika upaya kami membuahkan hasil yang bisa dirasakan oleh masyarakat secara luas“. Kata Agustian.
“Kami bangga dengan jajaran Kantah BPN Kab. Cirebon, makanya kami memberikan aprediasi dan penghargaan agar hal tersebut bisa memotivasi wilayah yang lainnya, untuk meningkatkan payanan prima bagi masyarakat“, lanjutnya.
Endang menambahkan jika acara diskusi dan kunjungannya tersebut selain untuk memberikan motivasi kepada ATR/BPN, juga untuk menyampaikan berbagai laporan masyarakat kepada MAPI Saber Pungli.
Melalui Dhani Sudirman, laporan masyarakat tersebut disampaikan langsung, diantaranya adanya sejumlah laporan masyarakat kepada MAPI Center, baik melalui online maupun offline, terkait pelayanan publik yang diajukannya kepada BPN serta hal lainnya.
“Mulai dari PTSL, pelaksanaan SOP pelayanan, LSD hingga adanya sejumlah staf BPN yang belum maksimal dan masih terindikasi pungli juga kita bahas dan komunikasikan dalam diskusi tadi, kita apresiasi kesigapan Pak Kakan, yang sangat responsif menangani masalah tersebut” ujar Dhani, merinci.
Selain itu, masih kata Dhani, laporan sejumlah asosiasi pengembang dan adanya beragam dan tingginya biaya pemecahan sertifikat juga tidak luput dari yang bahas.
Sementara, Kepala Kantah BPN Kab. Cirebon, Teddi Guspriadi, dengan tegas langsung akan segera mengeksekusi dengan memeriksa berbagai berkas laporan yang sudah diterima oleh jajarannya.
“Untuk laporan tersebut akan segera kami eksekusi, terkait hal-hal lainnya tentu BPN akan membuka ruang untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam melayani masyarat, termasuk rencana membuat command center, untuk menerima laporan-lapiran masyarakat,”. Tegas Kakantah.
Apresiasi, lanjut Teddy, juga disampaikan kepada MAPISABERPUNGLI, karena dengan mau melihat dan memantau kinerja jajarannya, ia berharap kinerja kantornya akan semakin baik.
“Tentu kami tidak akan bisa melihat secara detail dari dalam, namun jika dilihat dari luar tentunya akan semakin jelas apa dan bagaimana kinerja kami selama ini, terus awasi kami dengan baik, agar kami pun semakin baik lagi,” ucap Teddy.
Hal yang sama, Ayu Wulandari, selaku Kareg Ciayumajakuning MAPI Saber Pungli, mengapresiasi responsif dan tegasnya sikap dari kepala kantor.
“Saya mengapresiasi dengan responsif dan tegasnya upaya yang dilakukan oleh Kakan BPN Kab. Cirebon, karena dengan demikian akan membawa perubahan yang lebih baik untuk kantah BPN“. Ulasnya. (Team)