MAPI SABERPUNGLI APRESIASI PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN KANWIL ATR/BPN dan KANWIL Kumham KALBAR
Kalbar, MHI- Sebagai bagian dari komitmen membangun bangsa dengan peningkatan kualitas pelayanan publik di ATR/BPN, MAPI Saberpungli dan Kepala Kantor Wilayah ATR/ BPN Kalimantan Barat, membuat kesepahaman. Kesepahaman tersebut adalah untuk bersama-sama memberikan apresiasi, supervisi dan penguatan kepada seluruh Kantor Pertanahan Kabupaten/kota di seluruh Kalimantan Barat, agar masyarakat terlayani dengan baik, professional dan tanpa pungli.
Acara yang dilaksanakan di Kantor Wilayah ATR/BPN Kalbar tersebut Rabu,(05/07/2023). Dihadiri oleh Kakanwil Kalbar, Ibu Andi Tenri Abeng, A.Ptnh., M.H., beserta para pejabat utama kanwil, para kabid, serta turut hadir Kakantah Kota Pontianak, Arli Buchari, ST, MM, didampingi Kasi I dan II, serta Kakantah Kab. Kuburaya. Sementara dari MAPI Saber Pungli, dihadiri Dewan Pembina Letkol CPM (P) Endang Agustian, SH, MH, Sekjen MAPI Hugeng Tayan Putra, SE, MM, Kareg MAPI Kalbar Alfred Sunarpo, beserta jajaran MAPI Regional Kalbar.
Dalam diskusinya, Kakanwil yang dikenal tegas itu juga mengajak MAPI untuk membantu mengawasi dn meningkatkan pelayanan publik diseluruh jajarannya.
“Dengan banyaknya komunikasi dan berdiskusi serta riset yang dilakukan MAPI terkait Pelayanan di BPN, hal itu menjadi input bagi kami untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, juga mereka mengetahui perubahan-perubahan yang dilakukan oleh BPN dalam memberikan pelayanan lebih baik. Saya juga berharap jajaran di Kantor Pertanahan wajib merespon serta berbagi informasi maupun saling memberikan masukan dengan MAPI maupun media,” papar wanita yang juga mantan Kakanwil Banten itu.
Kakanwil juga berharap kedepannya akan ada kepedulian perusahaan-perusahaan berupa CSR untuk mendukung pengadaan peralatan pendukung percepatan pelayanan.
”Untuk kendala di BPN Wilayah Kalbar ini adalah mengenai anggaran, kami berharap kedepannya akan ada CSR dari perusahaan guna membantu dalam pengadaan alat-alat pendukung kantor untuk mempercepat pelayanan. Target kami juga ATR BPN Kota Pontianak, akan menjadi kota lengkap. Karena itu tugas saya untuk mempercepat kantah-kantah dapat meraih predikat WBK WBBM,” terangnya.
Dalam kesempatan yang sama, Dewan Pembina MAPI Saber Pungli Letkol CPM (P) Endang Agustian,SH,MH mengucapkan terima kasih atas komitmen Kakanwil Kalbar yang terus bersemangat meningkatkan kualitas pelayanan publik di jajarannya. Sebagai bagian dari pelaksanaan Perpres No 87 Tahun 2016, tentang Satgas Saberpungli ,MAPI sebagai bagian dari peran serta masyarakat dalam mendukung pencegahan pungli, akan terus memberika support kepada kantor-kantor BPN untuk membangun kualitas pelayanan yang lbh baik, terpercaya dn professional tanpa pungli.
“Pungli merupakan salah 1 bagian jenis tindak pidana korupsi, berupa meminta sesuatu dengan memaksa tanpa aturan yang jelas, sebagaimana tercantum dalam UU No 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi” terangnya.
Selain itu, Pembina MAPI mengatakan bahwa siap mendukung dan memberikan masukan padan Kantor Pertanahan diwilayah Provinsi Kalbar untuk mencapai WBK dan WBBM.
“Pencanangan yang dilandasi Permen PANRB tentang Pedoman Umum Pembangunan ZI menuju Wilayah Bebas dari Korupsi diharapkan penerapannya pada ranah layanan publik. WBK/WBBM adalah bonus dari upaya dan kerja kita dlm meningkatkan kualitas pelayanan kpd masyarakat. Mapi adalah salah satu penggiat anti pungli yg sdh melaksnakan MOU dg Satgas Saber Pungli Kemenkopolhukam berkomitmen utk slalu melakukan pemberantasan pungli dg cara melakukan sosialisasi,mengedukasi,memeberikan supervisi dn mengapresiasi kpd pelayanan publik khususnya kpd insan pertanahan dg intens dn konsisten mendampingi dan mensupport, kinerja kantor-kantor yang menunjukan reformasi dan birokrasi yang bersih dan siap melayani untuk kepentingan publik, transparan dan profesional. Kami berharap bisa menjadi langkah awal di dalam jajaran Kanwil Kalbar untuk merubah paradigma yang lama ke paradigma yang baru,” lanjutnya.
Ketua MAPI Saber Pungli Regional Kalbar, Alfred Sunarpo, menegaskan siap dan akan ikut membantu jajaran BPN Kalbar dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan untuk mencari dan memberikan hibah CSR perusahaan.
”Kami siap membantu jajaran BPN Kalbar berupa hibah dari CSR, sebagai upaya mendukung percepatan pelayanan publik yang baik untuk masyarakat.” ucap Alfred Sunarpo.Kanwil Kumhan
Ditempat terpisah, MAPI Saberpungli juga berkesempatan berdiskusi dan silaturahmi dengan jajaran Kanwil Kemenkumham Kalbar. Diskusi tersebut juga merupajan bagian dari bertukar informasi seputar pelayanan publik.
Kakanwil Kemenkumham Provinsi Kalbar, Pria Wibawa, S.H., yang didampingi jajarannya diantaranya Kadivmin, Kadivim, Kabid wasdakim, Kabid informasi, Kabag humas, dan Kasubsi tekinfo, menyambut baik kinerja MAPI Saberpungli, yang terus memberikan informasi, supervisi dan apresiasi terkait kinerja pelayanan publik di jajarannya.
“Peran serta masyarakat dalam membangun kantor pelayanan publik yang baik dan profesional adalah hal yang wajib ada dan dilakukan diera sekarang ini, mengingat hari ini adalah era dimana kecepatan informasi sangat cepat menyebar. Terima kasih atas segala informasi dan apresiasi dari jajaran MAPI,” ucap Kakanwil. (TIM)