Kunjungan Dewan Pembina Dan Sekjen MAPI Saber Pungli Dalam Rangka Memotivasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Kantah Kubu Raya 

Kubu Raya, MHI- Pembina MAPI Saber Pungli  dan Sekretaris Jendral melakukan kunjungan ke kantah BPN Kubu Raya dan Perwakilan dari Kanwil pertanahan Provinsi Kalbar di kantor ATR BPN Kubu Raya pada hari Kamis tanggal (10/11/22).

Dalam kegiatan silaturahmi dan koordinasi tersebut disambut langsung oleh Kepala Kantah Kubu Raya ATR BPN Erwin Rachman, S.H yang menerima dengan gembira atas kunjungan tersebut.

Sebelum melakukan dialog,Kakantah mengajak untuk meninjau beberapa fasiltas pelayanan publik dan pendukung yang ada di Kubu Raya, mulai dari koperasi, ruang pelayanan utama, ruang kerja para kasi ,ruangan warkah dan ruang rapat serta ruangan Dinning room.


Kakantah Kubu Raya Erwin Rachman, S.H, menyampaikan beberapa hal didalam ruang rapat diantaranya Kendala dan capaian di Kantah Kubu Raya yaitu    data-data lama yang harus secara hati-hati  diselesaikan agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari, dialog saat ini menjadi jalan utama untuk menyelesaikan masalah tsb, tentu hal ini harus tetap berkoornasi dan bekerjasama dgn kanwil dan pusat data (Pusdatin) di kementrian ATR BPN, Ruang arsip sudah tertata rapi meskipun ruangan tidak mencukupi dan perlu perluasan serta peningkatan.

Untuk  meningkatkan  mutu pelayanan publik, Kantah Kubu Raya fokus pada  Pengembangan sarpras dan perbaikan fisik sarpras, Peningkatan mutu personil SDM melalui pelatihan, workshop ,  melakukan penyegaran rohani setiap minggu bagi semua personil.

Kantah Kubu Raya memiliki motto Ligat, yang mencerminkan aprisiasi pelayanan publik.

Kehadiran Koperasi sebagai sarana untuk meningkatan mutu pelayanan dan yang di kelola secara terpisah dan bukan merupakan bagian dari ATR BPN Kubu Raya, akan tetapi kehadiran koperasi konsumen dapat mendukung pelayanan publik yang baik di kantor ATR BPN Kubu Raya.

Dinning room, bertujuan untuk menciptakan hubungan organisasi yang harmonisasi diantara sesama insan ATR BPN Kubu Raya.

Kami juga berterima kasih kepada MAPI, baik pusat dan regional Kalbar yang selama ini memberikan masukan, baik berupa aduan dari masyarakat, saran, dan arahan dalam peningkatan pelayanan publik di Kantah kubu Raya, kami berhadap sinergisitas yang terlah terjalin baik dapat terus di berkelanjutan dan ditingkatkan dimasa depan” ungkap
Kakantah Kubu Raya Erwin Rachman, S.H,

Dewan Pembina Letkol CPM (P) Endang Agustian SH, MH dalam sambutannya memberikan apresiasi atas inovasi terhadap peningkatan pelayanan publik kepada Kakantah Kubu Raya dan personil.

suatu capaian dan peningkatan yang luar biasa terhadap pelayanan publik di Kantah kubu raya, saya ingat waktu saya datang dulu sekitar 2 tahun lalu belum seperti ini, ini sungguh luar biasa” ungkap Pembina Mapi 


Dalam kesempatan tersebut juga Pembina Mapi mengucapkan Terima kasih atas waktu yang di sediakan oleh Kakantah Kubu raya yang bersedia menerima kedatangan MAPI dan juga  menjelaskan latar belakang MAPI yang telah ada sejak tanggal 20 oktober 2016, Seiring berdirinya satgas saber pungli yang tertuang dalan Perpres  No 87 Tahun 2016.

” Pungli merupakan salah 1 jenis tindak pidana korupsi berupa meminta sesuatu dengan memaksa sebagaimana  tercantum dalam UU No 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi” lanjutnya

Dalam kesempatan ini  Pembina MAPI memberikan arahan agar pelayanan dilakukan dengan tulus, karena banyak titik rawan, terutama di bagian pengukuran dan pemetaan,Pelayanan BPN kick offnya / dimulai dari pengukuran yaitu bidang kasi 1 survey pengukuran dan pemetaan. Apabila ada kesalahan dari awal akan berimbas ke bagian sengketa dan permasalah di seksi 5 untuk itu maka kerja teliti, tepat dan amanah serta tulus, harus menjadi pegangan atau pedoman.

” Supaya dipedomani bahwa pasal 21 Peraturan Pemerintah No .128 Tahun 2015 bukan PNBP karena  TAK (transportasi,akomidasi dan konsumsi )dibebankan kepada pemohon tetapi nominal disesuaikan dengan moda transportasi setempat dan tidak meminta yang berlebihan” Pungkasnya

Kasubag TU, merupakan napas penting, harus dapat memberikan info tentang teknis pertanahan bila perlu mempunyai costumers service seperti di Bank yang mampu memberikan info tentang pertanahan atau Publik Relation lalu Humas diharapkan bisa jadi corong citra pelayanan di Kantah Kubu Raya. 

” Kedepan petugas loket tidak hanya nomor telpon  pemohon yang dicatat perlu di cantumkan juga nnomor telpon hubungan sedarah atau tetangga.   Jika ada berkas yang kurang maka cepat di hubungi pemohon dan jangan di biarkan. Ingat pembiaran akan menjadi bom waktu bagi ATR BPN kubu raya” Tegas Pembina MAPI

“Konsep dalam hidup adalah, janganlah mencari rejeki, tetapi rejeki yg mencari atau mendatangi kita.” pesan Pembina MAPI dalam kunjungannya

” Untuk mencapai Kantah menuju ZI adalah Komitmen pimpinan,team working yang hebat ,kemudahan pelayanan ,program yg menyentuh masyarakat ,monev dan managemen medsos. Dalam pelayanan publik Harus selalu menebarkan Senyuman, sapa , salam … Jangan seperti kita sedang mengemut intan di mulut sehingga utk senyum saja takut, takut intannya jatuh”. paparnya

Diakhir rapat tersebut,  insan ATR BPN mengusulkan jika Kantah mendapatkan gelar WBK  ada baiknya SDM di berikan reward seperti pangkat/golngan dan promosi jabatan oleh Kementrian ATR BPN, sehingga hal ini dapat menjadikan motivasi bagi semua Kantah dan personilnya dalam peningkatan pelayanan publik .