Tingkatkan Pelayanan Publik, MAPI Saberpungli Ajak Kanwil ATR/BPN Jabar

Bandung, MHI,- Pembangunan pelayanan publik yang baik untuk masyarakat adalah hal penting.

Hal tersebut menjadi komitmen bagi Masyarakat Anti Pungli Indonesia, bersama Kantor Wilayah ATR/BPN Jawa Barat, dalam acara Diskusi dan Audiensi Peningkatan pelayanan publik, Senin, (17/10/2022), di Kantor Kanwil ATR/BPN, Jawa Barat.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Kanwil ATR/BPN Jatim, Dalu Agung Darmawan, yang diwakili Kabid I Kiel, Kabid Pengadaan Tanah Roni, Bidang Kepagawaian Bagus dan sejumlah pejabat Kanwil lainnya. Sementara dari MAPI, hadir Dewan Pembina Letkol CPM (P) Endang Agustian SH, MH, Tanu Wijaya, Ketua Umum, Dhani Sudirman SE, MM, Dewan Pendiri MAPI Saber Pungli, serta Wakil Ketua Ir. Hadiana.

Dalam diskusinya Endang Agustian, menyampaikan komitmennya yaitu MAPI menyampaikan sejumlah temuan di Kantah jajaran Jabar, seperti masih ada pelayanan yang tidak sesuai SOP sebagaimana Perkaban 1/2010, masih ada pemohon yg bolak-balik ke Kantah untuk melengkapi persyaratan karena tidak jelasnya petugas loket dalam memberikan kekurangan syarat Administrasi.

Padahal mestinya pemohon datang ke kantah cukup tiga kali dalam melakukan pendaftaran, melengkapi bila syarat formalnya kekurangan sekalian membayar SPS dan terakhir mengambil produk di loket” ujar Agustian.

Selain itu pria yang juga mantan Sekretaris Pokja Pencegahan itu menambahkan, MAPI memberikan masukan kepada Kanwil bahwa mindset pelayan publik mendapatkan WBK dan WBBM, seharusnya bukan menjadi tujuan utama, tapi prinsipnya bagaimana memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat tanpa pungli. “Nah, setelah itu ternyata satker mendapatkan predikat WBK/WBBM adalah bonus dan buah dari upaya bekerja sepenuh hati dengan tulus dan iklas,” ucapnya.

Sebenarnya, Kanwil Jabar adalah Kanwil ATR/BPN pertama yang berkomitmen melakukan pencegahan pelayanan masyarakat untuk terbebas dari pungutan liar.

Waktu itu Bapak Sri Mujitono, sebagai Kakanwil tahun 2017, dengan mengundang Pokja Pencegahan Satgas Saberpungli Pusat untuk melakukan sosialisasi Perpres 87/2016 tentang Satgas Saberpungli ditujukan kepada semua Kantah jajarannya. Alhamdulillah para Kantah minimal dapat melaksanakan dengan baik waktu itu. Sekarang kita akan tunggu perubahan mereka semoga tetap konsisten” imbuh Agustian.

Melalui Ketua Umum , laporan masyarakat tersebut disampaikan langsung, diantaranya, mendukung penguatan internalisasi pembangunan Zona Integritas dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.

Masukan tentang penting PR (Public relations) di kantah2 yang ada guna memperlancar komunikasi dengan masyarakat dalam konteks peningkatan kualitas layanan, ini mutlak harus dilakukan ” ujar Tanu.

Sementara Kabid I Kanwil BPN Jabar, Kiel, menyampaikan terima kasih dan apresiasinya dengan informasi serta masukan-masukan yang diberikan MAPI terkait peningkatan kinerja jajarannya. Hal itu akan terus dilakukan untuk peningkatan payanan publik di masa depan.

Untuk laporan-laporan tersebut langsung kami sudah catat semuanya, sesuai dengan arahan Pak Kakanwil, kami akan segera eksekusi dengan baik, terkait laporan masih adanya oknum BPN yang masih melakukan pungli akan kami tegur dan ingatkan, termasuk pentingnya PR bagi setiap kantah BPN,”. Ucap Kabid I.

Di tempat yang sama, Dewan Pengawas MAPI Dhani Sudirman, mengapresiasi atas responsif dan tindakan tegas dari Kakanwil BPN Jabar.
Saya mengapresiasi dengan responsif dan tegasnya upaya yang dilakukan oleh Kakanwil BPN Jabar, karena dengan hal tersebut akan membawa perubahan yang lebih baik untuk seluruh Kantah BPN khususnya di wilayah Jabar“. Ulasnya. (tim)