Kedua Kalinya Kanwil ATR/BPN Jatim Raih MAPI Award
Jatim, MHI– Untuk kedua kalinya Kantor Wilayah ATR/BPN Jatim meraih penghargaan dari Masyarakat Anti Pungli Indonesia (MAPI) atas kinerjanya dalam upaya memberantas pungutan liar (pungli) di wilayah Jawa Timur.
Penghargaan MAPI 2023 untuk Kategori Pelayanan Publik Responsif tersebut diterima langsung Kepala Kanwil ATR/BPN Jatim, Jonahar, dari Dewan Pengarah MAPI, Irjen Pol. (P). Dr. Widiyanto Poesoko, Drs., S.H., M.H, saat Dialog Nasional “Dinamika Pungli dan Masa Depan Pelayanan Publik”, di Hotel eL Kota Bandung, Selasa (17/1/2023).
Kakanwil ATR/BPN Jatim bahkan diberi kesempatan untuk memberikan testimoni atas diterimanya Mapi Award kedua kalinya ini, setelah berhasil meraih penghargaan MAPI tahun 2021 di Jawa Tengah.
“Alhamdulillah, kali ini kami kembali mendapatkan MAPI Award yang kedua kalinya, untuk tahun 2023 ini dari Kategori Pelayanan Responsif. Jadi kalau ada keluhan dari mayarakat Jawa Timur yang disampaikan ke MAPI, kemudian MAPI menyampaikannya kepada kami, itu langsung saya datangi ke kantor perwakilan ATR/BPN pemerintah daerah, untuk kemudian kita selesaikan bersama,” jelas Jonahar kepada TIMES Indonesia seusai menerima penghargaan di Bandung.
Selain itu, imbuh Jonahar, pihaknya juga meraih rangking pertama dalam penyelesaian sertifikasi lahan Program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) karena sudah mencapai 100 persen.
Lebih dari itu kami juga menyediakan anggaran tersebesar senasional sebesar Rp 733 miliar, dan memberikan kontribusi ke ATR/BPN pusat. Dengan demikian kami juga berharap atas prestasi ini kami juga berharap menjadi rangking pertama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait pertanahan,” imbuh Jonahar.
Dengan diraihnya MAPI Award kedua kalinya ini menurutnya akan makin menambah semangat lagi kepada Kanwil ATR/BPN da harus bisa mempertahankan prestasi ini.
Jonahar mengungkapkan pada MAPI Award 2023 ini Jawa Timur mendapatkan dua penghargaan, satunya lagi diraih oleh Kantor ATR/BPN Gresik dari Kategori Pelayanan Publik Kreatif.
Jonahar juga menyampaikan tips keberhasilannya meraih prestasi yaitu setiap ada keluhan ataupun ada informasi yang sifatnya komplain dari masyarakat, maka pihaknya langsung menindak lanjuti, dengan mendatangi langsung ke Kantor Pertanahan daerah, seperti yang pernah terjadi di Kantor ATR/BPN Sidoarjo dan Kabupaten Kediri.
Hingga kini dalam rangka peningkatan pelayanan publik dan anti pungli, setiap minggunya ATR/BPN Jatim melakukan evaluasi terhadap pelayanan pertahanan se-Jawa Timur.
“Kami juga ada program layanan prioritas di mana tidak ada lagi praktek percaloan dalam program prioritas kami dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Program prioritas ini yang sampai saat ini kita terus gencarkan,” tandas Jonahar.
Program lainnnya yaitu dengan dibukanya Loket Prioritas, di mana tetap bisa melayani masyarakat pada Hari Sabtu dan Minggu di seluruh Jawa Timur.
“Loket Prioritas ini salah satu bentuk komitmen kami bagaimana untuk tetap bisa melayani masyarakat di luar hari kerja. Selain itu untuk menhindari berkas numpuk di Kantor BPN,” tegasnya.
Jonahar menyerukan agar Kantor Perwakilan ATR/BPN mampu berkomitmen melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya tanpa dengan adanya pungli tanpa dan selalu mengedepankankepuasan masyarakat sebagai tolak ukur pelayanan BPN.
“Semakin masyarakat puas terlayani dengan baik, maka itu menjadi indikator kalau kita berhasil,” ujar Jonahar.
Ia mengucapkan terima kasih tak terhingga atas penghargaan yang diberikan oleh MAPI. Jonahar berharap penghargaan ini bukan sekedar piagam, tetapi akan memacu semangat untuk menjadi lebih baik lagi di tahun 2023.
“Kami siap dikritik, baik melalui telefon, WA, media sosial, untuk pelayanan yang kurang baik di ATM BPN Provinsi Jawa Timur khususnya, dan saya kira seluruh BPN se-Indonesia pada umumnya,” tandas Kepala Kanwil ATR/BPN Jatim (*)