Genjot IKM dan IPK ATR/BPN Kanwil DIY Gandeng MAPI

Yogyakarta, MHI-Untuk meningkatkan kualitas layanan publik di ATR/BPN terkait IKM (indeks kepuasan masyarakat) dan IPK (indeks persepsi korupsi) di jajaran wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Masyarakat Anti Pungutan Liar Indonesia (MAPI) menggelar diskusi dan koordinasi di Kantor Wilayah BPN Provinsi DIY, pada Selasa (25/07/2023).

Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Dewan Pembina MAPI, Endang Agustian, Dewan Pengawas Dhani Sudirman, dan Wasekjen Very Sukma Firmansyah, Bendahara Umum Nur Chasanah, Kasubreg Semarang Raya Azis Suryo serta jajaran diterima oleh Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi DIY, Drs. Suwito, beserta para pejabat utama BPN diantaranya Kepala Bagian Tata Usaha, para Kepala Bidang, Kasubag Umum, di Ruang Rapat Kantor Wilayah BPN Provinsi DIY.

Dewan Pembina MAPI Endang Agustian, menyampaikan bahwa sebagai lembaga eksternal yang lebih banyak fokus menyoroti wilayah ATR/BPN di Indonesia, MAPI terus melakukan kajian, riset dan pemetaan, mulai dari regulasi yang tumpang tindih, pemetaan pungli, peningkatan pelayanan publik untuk menuju zona integritas, WBK, WBBM, hingga mengkaji jenjang karir pegawai ATR/BPN yang masih belum jelas.

Kami terus meningkatkan kerjasama untuk peningkatan mutu pelayanan publik dengan kementrian ATR/BPN, Kanwil hingga Kantah di Indonesia. Mulai dari survei, kajian hingga merekomendasikan perbaikan dan pembuatan aturan dan regulasinya, sehingga kita akan cari dan temukan akar masalahnya untuk perbaikan internal dan eksternal yang outputnya adalah masyarakat terlayani dengan baik dan profesional,” ujar pria yang juga pernah menjabat Sekretaris Pokja Pencegahan Satgas Saberpungli RI itu.

Lebih jauh, Endang Agustian, menambahkan, akar dari persoalan pungli adalah sesuai teori Jack Bologne melalui teori gone-nya, dimana faktor penyebab korupsi dan pungli adalah keserakahan, kesempatan, kebutuhan, dan pengungkapan. Untuk itu kajian MAPI untuk mendongkrak IKM (indek kepuasan masyarakat) ke ATR/BPN salah satunya dengan cara melakukan survei berupa memberikan kuisioner, testimoni dan wawancara langsung baik kepada pemohon pengguna layanan maupun kepada penyelenggara pelayanan.

Dari 5 Kantah yang ada di DIY, kami lakukan riset dan kajian secara random ke beberapa kantah yg ada di jajaran Kanwil DIY terkait IKM dan IPM. Nanti hasilnya akan kami sampaikan baik kepada publik maupun ke kementerian terkait,” ucapnya menjelaskan.

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka Audiensi dan Diskusi untuk kerjasama mendukung Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi di Kantor Wilayah BPN Provinsi DIY.

Sementara Dewan Pengawas MAPI Dhani Sudirman, menyampaikan, MAPI akan terus bersinergi dengan Kantor Wilayah BPN, sebagai pihak eksternal yang mengawasi dan mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik di Lingkungan jajaran Kantor Wilayah BPN agar terhindar dari pungutan liar dan mencari akar masalahnya.

Berdasarkan rekap laporan masyarakat maupun pegawai BPN kepada kami terkait kualitas pelayanan publik, dugaan pungli, dan masih tumpang tindihnya regulasi pusat hingga ketidak jelasan sistim karir di ATR/BPN, telah kami petakan dan kami komunikasikan dengan kementrian terkait, sehingga road map perbaikan kinerja bisa kita lihat dan perbaiki dari semua sudut yang ada,” ucap Dhani.

Kakanwil DIY, Drs. Suwito, dalam diskusinya mengatakan bahwa MAPI harus terus mengawal terhadap pemberantasan pungutan liar di lingkungan Kanwil BPN Provinsi DIY, karena pihaknya juga terus memperbaiki kinerja dan sistemnya, antara lain dengan meningkatkan layanan elektronik, peningkatan SDM, layanan pencanangan ZI, WBK, WBBM serta mengupayakan kota lengkap bagi seluruh satuan kerjanya.

Apa yang sudah disampaikan oleh MAPI akan menjadi perhatian kita bersama terutama terkait dengan pungli yang harus kita hindari, perlu kita sadari bahwa pelayanan kepada masyarakat harus kita lakukan secara maksimal. Mari bersama kita kawal dan juga laksanakan agar kita bisa mencapai apa yang kita niatkan yaitu hal yang terbaik untuk lembaga kita (ATR/BPN). Selain itu untuk peningkatan IKM dan IPK di jajaran saya juga siap untuk turun langsung ke sejumlah titik kantah di daerah bersama MAPI, terimakasih atas peran serta dan perhatiannya kepada kami dan jajaran, insyaalloh kita akan terus tingkatkan kinerja dan kualitas pelayanan ke masyarakat” Ujar Kakanwil dengan semangat.

Seperti diketahui MAPI juga bersama Kanwil ATR/BPN DIY langsung melakukan kunjungan ke Kantah Kota Yogyakarta dan Kantah Kab. Sleman, dengan langsung ditemui oleh Kepala Kantah di kedua Kantah BPN itu MAPI dan para kantah sepakat untuk terus melakukan penguatan IPM dan IPK guna peningkatan kualitas layanan publik di BPN. (tim)